Senin, 07 Oktober 2013

ragam bahasa

Pengertian Ragam Bahasa
Di dalam bahasa Indonesia terdapat ragam bahasa atau macam macam bahasa,  berikut ini pengertian ragam bahasa menurut para ahli. Penting bagi kita untuk memahami pengertian ragam bahasa menurut para ahli karena dari situlah kita bisa mendefinisikan sendiri apa itu ragam bahasa menurut pengertian masing masing.

·         Pengertian ragam bahasa menurut Bachman
Menurut Bachman (1990), “ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topic yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara.”

·         Pengertian ragam bahasa menurut Dendy Sugono
Menurut Dendy Sugono (1999), “bahwa sehubungan dengan pemakaian bahasa Indonesia, timbul dua masalah pokok, yaitu masalah penggunaan bahasa baku dan tak baku. Dalam situasi resmi, seperti di sekolah, di kantor, atau di dalam pertemuan resmi digunakan bahasa baku. Sebaliknya dalam situasi tak resmi, seperti di rumah, di tama, di pasar, kita tidak dituntut menggunakan bahasa baku.”

·         Pengertian ragam bahasa menurut Fishman ed
Menurut Fishman ed (1968), suatu ragam bahasa, terutama ragam bahasa jurnalistik dan hukum , tidak tertutup kemungkinan untuk menggunakan bentuk kosakata ragam bahasa baku agar dapat menjadi panutan bagi masyarakat pengguna bahasa Indonesia. Dalam pada itu perlu yang perlu diperhatikan ialah kaidah tentang norma yang berlaku yang berkaitan dengan latar belakang pembicaraan (situasi pembicaraan), pelaku bicara, dan topic pembicaraan.

Berdasarkan macam macam pengertian ragam bahasa menurut para ahli diatas jadi bisa diambil kesimpulan mengenai pengertian ragam bahasa adalah variasi bahasa atau tuntutan untuk menggunakan bahasa yang tepat berdasarkan tempat, topik, penutur, media, bidang dan sebagainya.

·         Ragam bahasa berdasarkan tempat
Ragam bahasa berdasarkan tempat adalah memilih bahasa yang digunakan berdasarkan tempat dimana kita berada.
Contoh : ketika berada di dalam masjid tentu kita harus berbicara menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

·         Ragam bahasa berdasarkan topic
Topik pembicaraan tentunya memiliki ragam bahasanya masing masing.
Contoh :  ketika ketika kita ingin membahas mengenai pemecahan masalah di dalam suatu rapat kantor untuk menciptakan suasana yang tenang dan baik tentunya kita harus menggunakan bahasa yang tegas dan sopan.

·         Ragam bahasa berdasarkan penutur
Tiap tiap individu tentunya memiliki gaya bahasa atau variasi bahasanya masing masing. Perbedaan asal daerah penutur bahasa menyebabkan variasi bahasa yang disebut dengan dialek.
Contoh : tentunya seseorang yang berasal dari daerah jawa memiliki gaya bahasa yang lemah lembut berbeda dengan seseorang yang berasal dari daerah ambon yang memiliki gaya bahasa tegas.

·         Ragam bahasa berdasarkan media
Perbedaan media yang digunakan tentunya membuat ragam bahasa yang berbeda juga. Media bahasa tulisan tentunya memiliki perbedaan juga berdasarkan kepada jenis media apa yang ditujukan tersebut.
Contoh : ketika menulis surat lamaran kerja tentunya dalam penulisan surat tersebut harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, lain halnya ketika menulis surat untuk teman,pacar,dan lain lain.

·         Ragam bahasa berdasarkan bidang
Ragam bahasa yang digunakan pada bidang tertentu tentunya memiliki ciri – ciri masing masing pada bidang tersebut.
Contoh : bahasa yang digunakan pada bidang kedokteran tentunya memiliki bahasa yang berbeda juga pada bidang computer.

sumber : http://www.trigonalworld.com/2013/07/pengertian-ragam-bahasa-menurut-para.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar