Minggu, 17 November 2013

Analisis Artikel Media

Mobil Murah Juga Bakal Diekspor

Program mobil murah atau Low Cost and Green Car (LCGC) menimbulkan kontroversi. Namun, selain untuk dipasarkan di Indonesia, produksi mobil murah ternyata juga bakal dikirim ke berbagai belahan negara.
Hal itu salah satunya dilakukan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Sales Director SIS Endro Nugroho menjelaskan kalau mereka memiliki mobil yang ikut dalam program LCGC tadi yakni Karimun Wagon R.
Hanya saja, mobil yang diproduksi di Indonesia ini tidak hanya akan dipasarkan untuk Indonesia semata, tapi juga untuk diekspor ke negara lain.
"Suzuki Karimun Wagon R baru kita luncurkan tanggal 11 (November) lalu. Tanggal 28 (November) kita akan mulai ekspor ke Pakistan," ungkap Endro.
Dia lalu menjelaskan kalau niat Suzuki untuk mengekspor mobil ini sudah cukup kuat dan rencana jangka pendek dan menengah sudah disiapkan.
"November 2013 sampai Desember 2014 kita sudah rencana untuk mengekspor 12.000 Karimun Wagon R. Bukan hanya ke Pakistan, karena kami juga sudah lobi untuk bisa ekspor juga ke Eropa Timur dan Afrika Selatan," kata Endro.
Di Indonesia, Karimun Wagon R sendiri dilepas dengan harga Rp 77-99 jutaan. Harga Rp 77 juta itu untuk Karimum Wagon R tipe GA, harga Rp 89,9 juta untuk tipe GL dan harga Rp 99,9 juta untuk tipe GX. Harga tersebut merupakan on the road untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.
Untuk diketahui, Karimun Wagon R ini menggendong mesin generasi terbaru K10B, DOHC yang ringan dan bertenaga, Multi Point Injection serta Penggerak Roda Depan (FWD).
Dengan menggunakan mesin berkapasitas 1,000 cc, 12 valve dengan 3 silinder bertenaga 68 PS dan torsi 90 Nm yang akan disalurkan melalui transmisi 5-speed.


Analisa artikel :
Pada artikel yang ditulis detik.com sebenarnya masih banyak memiliki penggunaan eyd dan kalimat efektif yang kurang tepat. Berikut ini akan saya bahas satu per satu dimanakah eyd dan kalimat efektif yang kurang tepat.
1.      Pada judul artikel ditulis mobil murah juga bakal diekspor sebenarnya kalimat ini terdapat kata yang seharusnya tidak perlu untuk digunakan penulisan kalimat yang tepat adalah “mobil murah diekspor” ini juga sudah bisa menjelaskan makna dari kalimat tersebut yaitu mobil murah akan diekspor.
2.      Berdasarkan peraturan penggunaan EYD pada kamus besar bahasa Indonesia, seharusnya penulisan bahasa asing harus menggunakan huruf miring. Dimana artikel ini pada paragraf 1 penulisan Low Cost and Green Car seharusnya ditulis seperti ini Low Cost and Green Car.
3.      Pada tulisan “Dia lalu menjelaskan kalau niat Suzuki untuk mengekspor mobil ini sudah cukup kuat dan rencana jangka pendek dan menengah sudah disiapkan”. Terdapat penggunaan kata yang tidak benar sehingga kalimat tersebut menjadi tidak efektif kata dia lalu menjelaskan seharusnya hanya cukup ditulis “endro menjelaskan kalau niat Suzuki untuk untuk mengekspor mobil ini sudah cukup kuat dan rencana jangka pendek dan mengah sudah disiapkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar