Selasa, 14 Mei 2013

Jenis Jenis Keputusan Organisasi


Jenis keputusan dalam suatu organisasi didasarkan pada banyaknya waktu yang diperlukan untuk mengambil keputusan tersebut.pada bagian mana organisasi harus dilibatkan dalam mangambil keputusan dan pada bagian organisasi mana keputusan itu harus difokuskan atau tersalurkan.

Secara pokok pengambilan keputusan dalam organisasi dibagi berdasarkan waktunya yaitu keputusan rutin dan keputusan yang tidak rutin. Keputusan rutin adalah keputusan yang dilakukan secara rutin dan berulang ulang dan biasanya sudah dikembangkan untuk mengendalikannya biasanya keputusan rutin ini sudah di tentukan kapan waktu pelaksanaannya. Sedangkan keputusan yang tidak rutin adalah keputusan yang dilakukan secara mendadak yaitu ketika terjadi suatu masalah yang sangat penting sehingga dilakukan suatu pelaksanaan untuk mengambil keputusannya yang disebut dengan keputusan yang tidak rutin.

Biasanya terdapat juga 2 metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan organisasi yaitu metode tradisional dan metode modern. Metode tradisional yaitu dimana pengambilan keputusan lebih berdasarkan pada intuisi dan kebiasaan sedang metode modern yaitu pengambilan keputusan didasarkan pada perhitungan matematis dan penggunaan instrumen yang bersifat modern, seperti komputer dan perhitungan statistik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar