dalam ilmu ekonomi,
adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli
dan penjual dari suatu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk
menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting
untuk melakukan analisa ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan
penjual, serta interaksi mereka di pasar. Ia juga digunakan sebagai titik tolak
bagi berbagai model dan teori ekonomi lainnya. Model ini memperkirakan bahwa
dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang
antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh
produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas.
Model ini mengakomodasi kemungkian adanya faktor-faktor yang dapat mengubah
keseimbangan, yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran
dari permintaan atau penawaran.
Penawaran adalah barang
atau jasa yang di tawarkan atau dijual oleh penjual kepada konsumen dengan
suatu harga tertentu dan waktu tertentu.adapun faktor faktor yang mempengaruhi
penawaran yaitu :
·
Harga barang
·
Harga produksi
·
Tingkat produksi
·
Perkiraan
Permintaan adalah barang
atau jasa yang dicari atau ingin dibeli oleh konsumen dari penjual dengan suatu
harga tertentu dan waktu tertentu. Adapun faktor faktor yang mempengaruhi
permintaan yaitu :
·
Harga barang
·
Harga barang lain yg berkaitan
·
Tingkat pendapatan
·
Selera konsumen
·
Perkiraan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar