Minggu, 12 Mei 2013

Komunikasi efektif


Komunikasi efektif adalah tersampaikannya semua gagasan , tujuan, pesan dan perasaan dengan cara yang baik dan dalam komunikasi yang baik. Terdapat 5 prinsip penting dalam melakukan komunikasi yang efektif yaitu disebut dengan REACH, ke5 prinsip ini akan dijelaskan satu per satu sebagai berikut :
·         Respect
Rasa hormat dan saling menghargai, pada prinsipnya manusia itu ingin di hormati dan dianggap penting , jadi jika anda ingin di hormati dan dianggap penting perlakukanlah orang lain dengan baik dan sopan.jadi jika kita saling menghargai dan menghormati maka akan tercipta kerjasama yang menghasilkan sinergi maka hal ini akan meningkatkan efektivitas kerja baik didalam individu masing masing ataupun di dalam tim
·         Empathy
Empathy adalah kemampuan seseorang dalam menempatkan dirinya sendiri kedalam suatu permasalahan yang sedang dihadapi oleh orang lain. Salah satu prasyarat utama dalam sikap empati adalah kita harus mampu mendengarkan dan mengerti orang lain sebelum didengarkan atau dimengerti oleh orang lain.
·         Audible
Audible adalah dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik. Jika empati kita harus mampu mendengarkan dengan baik lalu memberikan umpan balik, maka kalau audible pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh si pendengar
·         Care
Care adalah perhatian mengenai apa yang disampaikan oleh si penyampai sehingga si penyampai itu merasa diperhatikan. Care juga bisa berarti menyimak dengan seksama apa yang disampaikan oleh si penyampai
·         Humble
Humble adalah rendah hati. Prinsip yang terakhir Dalam menciptakan komunikasi yang efektif adalah sifat rendah hati sifat rendah hati ini berkaitan dengan prinsip yang pertama yaitu menghargai orang lain karena dalam menghargai orang sangat di butuhkan sekali sifat rendah hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar