Rabu, 01 Mei 2013

Masalah pokok ekonomi dan pengaruh mekanisme harga


Dalam ekonomi terdapat 3 masalah pokok ekonomi yaitu :
1.      Produksi yaitu bagaimana cara dalam menciptakan dan juga kegunaan dari suatu benda
2.      Komsumsi yaitu pengurangan nilai kegunaan dari suatu benda
3.      Distribusi yaitu kegiatan menyalurkan benda dari produsen ke konsumen.

Dari ke 3 masalah pokok ekonomi diatas kemudian diperluas lagi dalam masalah pokok ekonomi modern yaitu :
·         Apa dan berapa (what)
Yaitu barang apa yang cocok untuk di jual kepada masyarakat dan juga berapa barangkah yang harus diproduksi.

·         Bagaimana (How)
Setelah masalah barang apa dan berapa banyak yang harus diproduksi sudah terpecahkan, selanjutnya masalah yang harus dipecahkan adalah bagaimana cara untuk membuat barang tersebut ? , siapa yang harus membuat barang tersebut? , kepada siapa barang tersebut harus dijual? , dengan menggunakan teknologi apa barang tersebut harus dijual? .

·         Untuk siapa (whom)
Setelah masalah bagaimana cara memproduksi barang sudah dapat diselesaikan selanjutnya masalah yang harus diselesaikan adalah untuk siapa barang tersebut harus dijual? , kepada golongan manakah barang tersebut harus dijual? , apakah barang tersebut tepat sasaran kepada konsumen atau sesuai dengan kebutuhan konsumen?.

Dalam ilmu ekonomi sendiri telah disebutkan bahwa semakin sedikit jumlah barang itu diproduksi atau semakin langka barang tersebut maka akan semakin tinggi juga nilai jual dari barang tersebut.penyebab barang tersebut menjadi langka ada 2 yaitu :
1.      Penyebab alami : yaitu kelangkaan dari suatu barang yang disebabkan oleh bencana alam sehingga barang tersebut menjadi banyak yang rusak dan juga banyak yang hilang sehingga hanya sedikit barang saja yang bisa digunakan sehingga ketika barang itu dibutuhkan banyak pihak barang tersebut menjadi mahal harganya.
2.      Penyebab buatan : yaitu kelangkaan dari suatu barang yang disebabkan oleh ulah tangan menusia. Penyebab inilah yang paling buruk dampaknya karena jika suatu barang tersebut sudah langka karena ulah tangan manusia biasanya banyak alam yang menjadi rusak juga.

nama : dimas ihsan prasetyo
npm : 12111118
kelas : 2ka34

Tidak ada komentar:

Posting Komentar