Minggu, 12 Mei 2013

Pengertian dan arti penting komunikasi


Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”),secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.jadi pengertian komunikasi adalah suatu kegiatan untuk saling berbagi informasi dari suatu pihak kepada pihak yang lainnya.
Pada umumnya kita melakukan suatu komunikasi secara lisan atau verbal namun jika ada juga yang tidak bisa memahami komunikasi secara verbal tersebut bisa juga dilakukan dengan gerak gerik tubuh misalnya tersenyum ini yang disebut dengan komunikasi secara non verbal. Berikut ini pengertian komunikasi menurut para ahli :
A.    Onong Uchjana Effendy
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk
memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)
B.     Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
C.     Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.
D.    Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
E.     Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.
F.      New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
G.    Bernard Barelson & Garry A. Steiner
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.
H.    Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.
I.       William J. Seller
William J.Seller mengatakan bahwa komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.
Arti penting komunikasi : dalam kehidupan komunikasi kita beranggapan bahwa arti dari pentingnya komunikasi itu hanya dari asik atau tidak asiknya kita saat berkomunikasi, padahal ada sesuatu hal yang harus kita perhatikan dari pentingnya melakukan komunikasi yaitu apakah maksud dari kita melakukan komunikasi tersebut sampai atau tidak kepada pihak lain. Jadi arti penting komunikasi adalah suatu maksud atau tujuan kita melakukan komunikasi agar sampai kepada pihak yang dituju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar